Monday, October 12, 2020

Saskia

Beberapa bulan terakhir ini aku lagi fangirling ke beberapa artis BULE. Jarang-jarang yes, aku ngefans sama artis bule. Secara dari kecil fangirling-nya selalu ke artis-artis Asia, seperti HongKong, Taiwan, Jepang. Baru sekarang jadi fangirling ke artis bule, sampai ngikutin socmed mereka, ngikutin akun fanbase mereka, dan jadi nontonin film-film apa aja yang mereka main disitu.

Dari beberapa artis yang aku lagi suka, salah satunya adalah Katie McGrath. Pemeran Lena Luthor di serial Supergirl. Dan aku tertarik sama serial Supergirl, awalnya justru karena terkecoh sama para fandom Supercorp, yaitu para fans yang ngarep banget Lena Luthor a.k.a CEO dari L-Corps dan Kara Danvers a.k.a Supergirl bisa jadian.

Apalagi diceritakan bahwa Lena Luthor pernah memenuhi ruang kerja Kara Danvers dengan bunga (meski hanya digambarkan dalam dialog doang) dan Lena Luthor sampai membeli 100% saham CatCo senilai US $750,000,000 cuma karena Kara memohon Lena untuk menyelamatkan CatCo. Gimana ngga queer bait banget ye kan jalan ceritanya?

Waktu awal-awal aku sampai penasaran banget, “emang bener yah Supergirl pacaran sama Lena Luthor?” Kan jadi ikutan ngarep yes. Ehhhhhh…. Ternyata…. Cuma khayalan babu belaka.

Tapi dari situ, aku jadi tau kenapa para fans Katie McGrath, khususnya yang dari kalangan LGBT, pada ngarep sama Supercorps. Karena yah mereka pada ngarep aja si Katie beneran lesbian. Secara yah lesbian mana yang ngga halu halu babu bisa jadi pacar dari Katie McGrath. Aku pun jadi ikutan halu halu babu.

Dan para fans ini jadi halu halu babu sama Katie McGrath, karena si Katie ini ada beberapa kali meranin karakter sebagai lesbian / bisexual di film-film yang dia kerjakan. Nah, salah satu karakter Katie sebagai lesbian / bisexual, yang paling berkesan buatku adalah saat dia memerankan Saskia de Merindol di mini seri Secret Bridesmaid Business.


Btw, berhubung aku bukan pengamat film, aku tidak akan membahas karakter Saskia ini dari context seni atau pun kualitas film. Aku ingin menuliskan kesanku dengan karakter Saskia sebagai manusia biasa.

 

***

Karakter Saskia de Merindol diceritakan sebagai seorang wanita yang memiliki karir yang cukup cemerlang sebagai seorang pengacara. Bahkan di usia yang terbilang muda, dia berhasil meraih impiannya untuk menjadi partners di biro hukum terbesar di Australia. 

Selain itu secara fisik Saskia juga sangat menarik, sehingga banyak orang yang berharap bisa berkencan dengannya dan menjadi kekasihnya. Sayangnya Saskia ini tidak percaya dengan hubungan yang monogami, sehingga ia tidak pernah mau terikat dengan siapa pun.

Dibalik sikap dingin Saskia dalam memandang hubungan percintaan, ternyata dia sangat mencintai sahabatnya sejak kuliah yaitu Olivia Cotterill yang menjalani bisnis perkebunan anggur dan mengidap penyakit kanker.

Cinta Saskia ke Olivia ini sebenarnya diketahui oleh hampir semua orang di dalam circle mereka. Dari calon suami Olivia, orang tua Olivia, mantan pacar Saskia, semua tau kalau Saskia adalah Budak Cinta-nya Olivia. Apapun yang Olivia minta pasti akan dikabulkan oleh Saskia, seberapa pun gilanya permintaan itu. Bahkan demi si Olivia ini, Saskia berani mempertaruhkan seluruh karirnya dengan menggelapkan uang perusahaan untuk membantu bisnis Olivia yang sempat hampir bangkrut. Saskia juga sampai harus hidup dalam ketakutan dan trauma percobaan pembunuhan karena berusaha melindungi Olivia dan seorang sahabatnya yang lain, yang kebetulan kedua-duanya terlibat dengan seorang psikopat yang sama. Sayangnya Olivia sendiri malah sepertinya tidak menyadari perasaan Saskia kepadanya. Olivia tetap saja cuma anggap Saskia sahabat.

Nah… di point ini lah aku merasa sangat terkesan dengan karakter Saskia ini.

Tetap mencintai tanpa harap kembali. Tetap mencintai meski sadar tidak bisa memiliki. Tetap mendampingi sebagai sahabat dalam suka maupun duka, meski sadar cintanya tidak pernah berbalas. Rela berkorban demi orang yang dicintai apapun resikonya.

Kok bisa yah Saskia mencintai Olivia sebegitu besarnya? Apa karena dia hanya karakter film? Ada ngga yah Saskia di dunia real?

Dan aku masih merenungkan pertanyaan-pertanyaanku diatas dan membandingkannya dengan ceritaku sendiri. 




Grey_S

No comments: