Wednesday, February 4, 2009

Aneh

Aneh sekali aku ini. Masa pulang ke rumahku sendiri, rumah yang sudah aku tinggali lebih dari 20 tahun, aku butuh penyesuaian.

Kemarin saat aku tiba di rumah dari perjalanan panjangku, tiba-tiba nafsu makanku hilang. Entah mengapa mendadak aku merasa tidak cocok dengan makanan rumah. Padahal sebelumnya aku tidak terlalu bisa makan kalau bukan makanan buatan Oma-ku sendiri.

Aku pun mendadak tidak terbiasa makan menggunakan sendok garpu. Kemarin aku sampai berpikir dulu bagaimana cara makan menggunakan sendok garpu. Padahal biasanya aku termasuk orang yang ahli menggunakan sendok garpu. Sehingga aku jarang makan menggunakan tangan langsung, termasuk saat makan ikan atau ayam.

Saat aku hendak tidur, mendadak aku tidak terbiasa dengan ranjangku, bantalku, gulingku, dan selimutku. Sehingga semalaman aku tidak bisa tidur dengan nyenyak. Sama seperti orang yang baru pertama kali datang ke suatu tempat.

Begitu juga saat aku hendak mengendarai mobil yang sudah menemaniku beberapa tahun. Mendadak aku merasa bingung, bagaimana cara mengendarainya. Untung saja kemampuan menyetirku belum benar-benar hilang. Aku masih bisa menyetir di gang-gang sempit rumahku tanpa menyenggol apapun.

Mendadak aku juga merasa aneh dengan jalan-jalan sempit dan rusak di sekitar rumahku. Tadi siang aku sampai tersesat di daerah rumahku sendiri. Kalau orang lain tahu, pasti sungguh memalukan.

Aku bingung dengan semua ini. Kenapa mendadak aku merasa aneh dengan kehidupanku. Padahal aku baru meninggalkan rumah selama 5 bulan. Padahal belum banyak yang berubah dari lingkunganku.

Aku takut ini semua karena aku mulai sombong dengan apa yang aku miliki di tempat lain. Atau aku sebenarnya terlalu takut untuk pulang. Pulang ke kota yang sebenarnya ingin aku lupakan, Pulang ke “sangkar emas”ku lagi.

Dan semoga saja keanehan itu bukan karena itu semua.


GreyS

No comments: