Wednesday, November 18, 2009

Ngga Penting cuma ingin Posting

Gandaria (Bouea macrophylla Griffith) adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand.

Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Aku pribadi lebih suka memakan buah Gandaria hanya dengan garam dan nasi putih panas.

Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan.

***
Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan.

***
Gandaria dan Bunga Pepaya, sama-sama berukuran kecil.
Keduanya sama-sama memiliki rasa yang extrim. Asam dan Pahit.
Keduanya sama-sama langka di Jakarta.
Tapi keduanya sama-sama aman di konsumsi, dan sangat enak di jadikan makanan pendamping nasi putih panas.



Grey_S
* Nafsu makan sedang meningkat


3 comments:

M. said...

baru tahu gw buah gandaria itu yg kayak gitu

Apisindica said...

greyy......bentar, ngakak dulu!!! baca postingan ini berasa melemparkan gw ke jaman kuliah dulu. Mata kuliah, Biosistematik!!!!

Ms. Grey said...

@ M : Itu memang buah langka, yg mahalnya aje gile... Kalo bukan karena gw doyan banget mah, ga akan gw beli buah yg sekilonya bisa Rp. 30,000...

@ Apis : Hihihihi.... gw jg baru tau nama-nama latinnya... Gw mah ga pernah belajar Biosistematik, yg penting enak di makan makanya gw cariiiiii....

Btw, itu gw nulisnya baru berdasarkan Wikipedia lho, belum bikin penelitian sendiri... huahahahha...