Sunday, June 5, 2011

Vietnam (Part 3)

Di hari ke-3 di Vietnam, aku sengaja tidak mengambil city tour karena setelah makan siang aku kan berangkat ke Hanoi untuk menikmati wisata alam di Halong Bay. Untungnya Hotel tempatku menginap sangat dekat dengan objek tujuan wisata. Sehingga setelah sarapan dan packing, aku bisa berjalan-jalan ke sekitar daerah Hotel sekalian mencari kantor pos untuk mengirimkan kartu pos kepada sahabatku yang berada di Italy.

Ternyata kantor pos terdekat dari Hotelku adalah kantor pos tertua di Ho Chi Minh, dan di depannya persis terdapat Gereja Katedral di Ho Chi Minh. Keduanya ternyata merupakan objek wisata yang paling sering di kunjungi wisatawan asing. Akhirnya sekalian aku mengirimkan kartu pos, sekalian aku foto-foto di kedua tempat tersebut.


Sebenarnya saat itu aku ingin sekali bisa masuk ke dalam gereja Katedralnya, sekalian berdoa di situ. Sayangnya saat itu ternyata sedang ada sakramen pernikahan sehingga gereja di tutup untuk umum untuk sementara waktu. Mereka memintaku untuk menunggu sehingga acara selesai bila masih ingin masuk ke dalam, namun karena keterbatasan waktu aku memilih untuk kembali ke hotel saja.

Setelah makan siang bersama tanteku, aku segera menuju airport untuk melanjutkan perjalananku ke kota Hanoi. Menurut jadwal seharusnya pesawatku akan take off sekitar jam 1.30 siang, namun ternyata penerbanganku di tunda sampai tiga kali dan baru take off sekitar pukul 5.30 sore. Dan yang sangat aku sayangkan, pemberitahuan keterlambatan tersebut hanya 30 menit sebelum waktu boarding yang seharusnya.

Karena keterlambatan tersebut, aku yang seharusnya sampai di Hanoi pukul 4.30 sore akhirnya baru tiba di sana pukul 8.30 malam. Aku langsung mencari taksi dan menuju hotel yang sudah di pilihkan oleh tanteku. Sekali lagi aku merasa sangat beruntung karena memiliki tante yang bekerja di bidang Tour and Travel, karena hotel yang dia pilihkan kembali ada di pusat kota sehingga dekat kemana-mana.

Sesampainya di hotel, aku segera check-in dan mencari makan malam. Staff hotel disana menyarankanku untuk pergi ke salah satu kedai dekat situ dan mencoba sejenis makanan khas Vietnam yang di jual disana. Karena aku tidak tau apa nama makanan tersebut, aku hanya memesan dengan menunjuk-nunjuk. Akhirnya aku mendapat setengah porsi ketan kuning yang di makan dengan potongan ayam rebus, kentang rebus, dan bawang goreng. Untung rasanya enak di lidah. Hehehhe... Setelah makan malam, aku langsung balik hotel, mandi, terus tidur.

Keesokan paginya setelah sarapan, aku di jemput oleh city tour setempat untuk pergi ke salah satu objek wisata paling terkenal di Hanoi yang juga merupakan UNESCO World Heritage Site, yaitu Halong bay. Perjalanan dari Hanoi ke Halong Bay kurang lebih 3 jam. Sesampainya kami di pelabuhan, tour kami bergabung dengan beberapa tour lain untuk bersama-sama naik kapal menuju Halong Bay.
Halong Bay sendiri merupakan sebuah teluk yang di tengah-tengahnya terdapat formasi dari beberapa bukit-bukit batu yang terbentuk secara alami karena iklim tropis yang basah selama 500 juta tahun.
Awalnya aku mengira tour ke Halong bay itu seperti tour ke pulau seribu atau tour Quicksilver di Bali, yang kami pergi mengunakan kapal menuju ke sebuah pantai di tengah teluk, lalu kami dapat berenang-renang atau bermain air disana. Ternyata tour di Halong Bay sedikit unik karena selama setengah hari itu, kami nyaris selalu berada di kapal, berfoto-foto dan makan siang pun di dalam kapal. Kami hanya turun sebentar di sebuah dermaga yang ternyata adalah Seafood Market, bermain perahu kayak, dan ke sebuah pulau yang memiliki gua dengan staglagmit alami yang sangat indah. Uniknya lagi, selama di dalam kapal tersebut, banyak perahu-perahu lain yang lebih kecil yang menghampiri perahu kami sekedar untuk menawarkan barang dagangan. Ternyata disitu juga ada pasar terapung seperti yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Aku kembali tiba di Hanoi dari wisata alam di Halong Bay, sekitar pukul 8 malam. Aku hanya punya waktu 30 menit untuk bersiap-siap karena teman lamaku Lina sudah menjemputku untuk makan malam bersama.

Lina adalah temanku yang aku kenal ketika aku berwisata di Inner Mongolia tahun 2008. Karena janjiku untuk menemuinya juga yang akhirnya membawaku menjejakan kaki di Vietnam. Kenapa harus bertemu di Vietnam?? Karena vietnam adalah negara terdekat yang paling mungkin untuk aku tempuh saat ini untuk menemuinya. Karena ia juga bukan orang Asia Tenggara, dan pekerjaannya memang mengharuskan dia untuk berpindah negara hampir setiap 1-2 tahun sekali.

Sebenarnya saat itu aku sudah pasrah, kalau pada akhirnya aku tetap tidak bisa menemui Lina karena kesibukannya yang luar biasa. Tapi sepertinya aku masih berjodoh dengannya karena mendadak ia juga mendapat tugas di Hanoi pada hari yang sama aku pergi ke Hanoi. Sehingga kami masih bisa mengatur jadwal untuk makan malam bersama meski hanya 2 jam saja. Dan kami berjanji untuk bertemu lagi suatu saat entah di negara mana lagi.

Berakhirnya malam itu, berakhir pula liburanku di Vietnam. 2 hari yang tersisa di Vietnam, aku hanya menemani tanteku bekerja, dan belajar menjadi consultant untuk orang-orang yang ingin berlibur ke Vietnam. So, kalau ada yang mau berlibur ke Vietnam kontak aku yah. Oh ya ada sedikit tambahan informasi, kalau kalian mencari Hotel di Hanoi untuk akomodasi, kalian juga bisa browsing di website Agoda.


Grey_S

7 comments:

Haris Schildhauer said...

Ya.... kok ndak ada foto perjalanannya sih Grey...?

Ms. Grey said...

Bedjo, gw udah tambahin foto tuh.

Ryou said...

Maaf pertanyaan ga nyambung.. kameramu merk & tipe apa, Grey?
Fotonya bagus-bagus... Vietnam menarik juga, ya, sebelumnya ga pernah tertarik ke sana. Thanks for sharing :D

Ms. Grey said...

@ Ryou : CANON PS A590 IS.
Itu jenis yg camera pocket biasa, krn gw belum kebeli camera SLR. Tp u/ ukuran kamera pocket dia cukup bagus, Zoom-nya pun cukup jauh.

hadetapremiesyani said...

haiii.... aku mo Vietnam bulan Oktober, karena aku sndirian boleh dong minta info soal tur na .. makasih

Ms. Grey said...

@De_tha : kirim aja e-mail kosong ke e-mail gw.

Ntar gw follow up

fairy21 said...

hai aku rencana mau ke vietnam tp msh aga lama c, mgkin thn depan, sebelumnya aku rencana mau ke hongkong tp krn ada permasalahan sedikit jdnya ke vietnam tp setelah di beli aku sedikit menyesal, krn kotanya tidak besar spt yg dibayangkan, bisa tolong ksh rekomendasi untuk ku supaya liburanku ttp menyenangkan? oia aku juga sekitar 10 hr di vietnam thx ya :) bisa tolong email ke cute_fairy2107@hotmail.com
thx banyak ya^^