Sunday, March 8, 2009

International Women's Day


Hari ini tanggal 8 Maret, adalah hari wanita sedunia. Dimana pada hari ini setiap wanita dilarang mengerjakan pekerjaan-nya, dan pekerjaannya tersebut akan di gantikan oleh para pria. Para pria tersebut juga akan memberikan bunga kepada para wanita (tentu saja ini berlaku untuk para pria yang merasa romantis). Kalau untuk pasangan Lesbian, saling memberikan bunga kali yee…

By the way busway, meski katanya IDW ini identik dengan Mother’s Day, tapi sebenernya beda lho. Kalau Mother’s day kan untuk memberikan penghargaan kepada setiap Ibu, tapi kalau IWD untuk menghargai setiap wanita, tidak perduli dia sudah berstatus ibu-ibu atau masih single.

Memang seh menghargai wanita tidak harus hanya setiap tanggal 8 September, tapi harus di lakukan setiap hari. Yah sama seperti Valentine lha. Tapi hari ini hanya sebagai symbol perjuangan wanita, yang terkadang lebih berat dari para pria. Mereka sudah bekerja, pulang bekerja mengurus rumah tangga, mengurus kebutuhan anak-anak dan suami. Belum kalau ada masalah dengan anak-anak, biasanya suami cuma bisa menyalahkan istri. Sedangkan kita tahu sendiri, hari gini kalau wanita tidak ikut bekerja bisa “mati berdiri” para suami membiayai rumah tangga. Yah kecuali, suaminya sudah benar-benar mapan.

Buat yang single juga tidak kalah berat, karena mungkin saja dia harus menjadi tulang punggung untuk orangtua dan anggota keluarga lainnya. Belum lagi mereka harus menghadapi tekanan pertanyaan “kapan nikah???”. Pertanyaan tersebut meski hanya terdiri dari 2 kata, tapi kalau ditanya terus menerus bisa bikin stress lho.

Kata laoshi di kelas dan roommate Italiano-ku, semua negara merayakan International Women’s day ini. Di China, Armenia, Russia, Azerbaijan, Belarus, Bulgaria, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Macedonia, Moldova, Mongolia, Tajikistan, Ukraine, Uzbekistan dan Vietnam hari International Women Day ini sudah di jadikan hari libur national mereka.

Tapi aku sendiri baru tahu sekarang kalau 8 Maret itu women’s day. Apa ini karena aku yang tidak tahu, atau karena para pria di Indonesia memang kurang menghargai para wanita yah??


GreyS

2 comments:

Anonymous said...

aku juga baru tau :D hehehe pas googling, eh, ternyata ada websitenya... trus search IWD event by country... di indo cuma ada 1, di denpasar thok :p apa mungkin para wanitanya juga blm perhatian kali ya?

Anonymous said...

aku juga baru tau tahun ini..dikasih tau rekan kerja dari polandia. jadi iri :p