Monday, December 8, 2008

Wo de ai hao

我的爱好
(Hal yang paling aku suka)

Sebenernya tema ini adalah tema wenzhang (karangan) dari Laoshi-ku. PR istilah anak sekolahnya. Tapi sekalian saja aku pakai untuk tema Perjalanan Grey hari ini.

Sebenarnya ai hao (kesukaan) artinya adalah hobby. Tapi ai hao adalah hobby yang bisa bikin penyukanya lupa waktu. Nah karena itu mau tidak mau, aku menulis tentang internet.

Sebenarnya lagi, kalau mau bicara hobby, hobby-ku ini banyak. Tergantung mood dan trend (karena pada dasarnya aku seorang pembosan). Waktu kecil aku hobby-ku berenang, nonton, dan baca buku. Kalau ngeliat kolam renang, aku seperti katak yang berbulan-bulan tidak ketemu air. Pernah aku sampai menangis & ngambek karena tidak boleh berenang padahal saat itu aku memang lagi sakit. Aku juga suka banget nonton TV, sampai-sampai Oma-ku harus nyabut kabel TV dulu agar aku mau belajar. Saat itu serial apa, jam tayang kapan, dan bintang film siapa yang aku tidak tahu. Semuanya aku tahu.

Aku juga dari dulu hobby baca, semua buku habis aku baca. Dari buku anak-anak, buku remaja, sampai buku untuk orang dewasa diam-diam aku baca. Dari buku cerita bergambar biasa, komik, novel, sampai ensiklopedi. Dari majalah anak-anak sampai majalah gossip. Semua aku baca. Tidak heran aku akhirnya dewasa sebelum waktunya tapi baru mencari jati diri sekarang.

Sampai-sampai waktu kecil aku sering dimarahi kalau ketahuan baca buku-buku komik remaja tapi dasar anak-anak, semakin dilarang semakin aku suka baca. Sampai akhirnya aku sembunyi-sembunyi baca di toilet. Uang saku pun setiap bulan pasti habis untuk membeli buku. Dan sampai saat ini semua buku itu rata-rata masih ada di perpustakaan pribadiku di rumah.

Waktu aku mulai remaja, aku suka sekali yang namanya olahraga dan musik. Saat SMP aku rajin ikut klub basket dan choir. Aku juga belajar main musik. Dari belajar suling, harmonika, sampai gitar dan keyboard. Tapi dasar aku orangnya moody. Belajar sebentar gitu tidak bisa-bisa, pasti langsung bosan. Akhirnya sampai sekarang aku sama sekali tidak bisa permainan olahraga dan main musik. Yang aku bisa cuma menyanyi dan mendengarkan orang main musik.

Karena tidak bisa olahraga yang merupakan permainan seperti basket dan lain-lain. Beralih lha aku ke olahraga yang tidak perlu ada nilai. Aku pernah mencoba snorkeling, diving, surfing, parasailing, jetski dan lain-lain. Sayang mahal. Jadi cuma kalau lagi ada dana dan pergi liburan saja, kesukaan aku yang itu bisa terwujud.

Pergi liburan juga tidak bisa sering-sering. Karena yang namanya traveling itu juga mahal. Waktu ke Bali bulan Mei kemarin saja, gaji 1 bulan habis dalam waktu 6 hari. Waktu ke Singapore lebih parah, tabungan 1 tahun jebol dalam waktu 3 hari. Padahal aku suka banget pergi-pergian ke tempat baru dan belajar tentang sejarah dan kebudayaan di setiap tempat yang aku kunjungi.

Jaman aku SMU, aku sering sekali pergi traveling dengan teman-teman. Sekalian menyalurkan hobby traveling, sekalian belajar photography. Dulu aku juga suka banget dengan photography, sampai-sampai tabungan aku habis untuk membeli camera SLR dan lensanya. Sayangnya demi membeli kamera baru yang digital, akhirnya camera lama-ku itu harus aku jual lagi dengan harga yang jatuh banget. Dan yang menyebalkan adalah camera digital yang aku beli dengan menjual SLR-ku itu, rusak total setelah 3 tahun aku pakai. Padahal saat ini aku belum punya dana untuk membeli camera baru. Akhirnya terpaksa beli camera pocket biasa.

Tapi dari semua hobby-ku, yang masih sampai sekarang bikin aku selalu lupa waktu adalah saat aku masuk ke dunia cyber alias main internet. Setiap kali main internet aku bisa sampai 6 jam tidak bangun dari tempat duduk kecuali ke toilet atau ambil minuman. Padahal aku tidak suka dan tidak pernah main game online.

Aktivitasku di dunia cyber ini cuma browsing-browsing, chatting, buka forum, nyari-nyari lagu atau video clip, akhir-akhir ini di tambah dengan Blogging. Kenapa aku jadi tertarik dengan Blog?? 2 tahun terakhir ini aku sering mendengar banyak yang sukses menjadi Internet Marketer dengan membuat dan menawarkan barang di Blog. Karena itu aku penasaran untuk belajar membuat Blog. Tapi ternyata aku malah mendapat pelajaran lain dari Blogging ini karena ternyata dengan Blogging aku bisa mencurahkan perasaan-perasaanku yang mengganjal di hati. Aku yang agak sulit terbuka dengan orang lain, bisa menjadi diriku sendiri saat aku mulai menulis untuk Blog pribadiku.

Perasaan bebas menjadi diri sendiri saat Online di dunia cyber inilah yang membuat aku selalu lupa waktu. Bahkan tidak jarang aku sampai lupa makan dan lupa tidur. Karena itu pula, kemana pun aku pergi sebisa mungkin aku harus bisa tetap Online.

Waktu aku pergi ke Inner Mongolia, 3 hari terputus dari dunia cyber membuat aku mengalami kebosanan yang hebat. Perjalanan 3 hari serasa 3 bulan. Makanya waktu aku masih bisa Online di perjalananku ke Shanghai belum lama ini, aku sampai gembira sekali. Semoga di perjalanan berikutnya aku juga tetap bisa Online.




GreyS

1 comment:

Me ... said...

hehehe Grey juga pernah ngumpet-ngumpet baca komik di toilet pun toh :D