Tuesday, September 2, 2008

FUWA (Boneka bahagia)

Karena saat ini Beijing masih dalam suasana Olimpiade, di semua mall-mall dan pelosok Beijing banyak yang menjual aksesoris Boneka Fuwa. Gambar-gambar boneka ini pun masih bertebaran dimana-mana. Meskipun harga aksesoris boneka Fuwa ini masih lebih murah dan lebih bervariasi jenisnya dibandingkan bila membeli di Jakarta, tapi tetap saja mahal.

Fuwa merupakan maskot Olimpiade Beijing ke-29 2008. Warna dan ilhamnya berasal dari 5 lingkaran Olimpik dan melambangkan bumi dan gunung, sungai dan laut serta binatang yang digemari oleh rakyat China.

Fuwa diciptakan untuk menyampaikan persahabatan, perdamaian, sikap positif serta keharmonisan antara manusia dan alam kepada anak-anak di seluruh dunia.

Fuwa terdiri atas lima bocah manis yang bersahabat akrab. Rupa mereka memadukan figure ikan, panda, antelop Tibet, burung layang-layang dan api suci Olimpiade.

Fuwa mewakili impian dan keinginan rakyat China. Kelima figure itu masing-masing mengandung hubungan dengan lautan, hutan, api, bumi dan langit. Citranya didesain dengan merujuk kepada kesenian tradisional untuk mencerminkan kebudayaan cemerlang China.

Lima bocah Fuwa itu masing-masing dinamakan “Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying dan Nini” yang kedengaran enak. Nama itu bila disingkat dan dirangkai akan membentuk satu kalimat yang berbunyi “Bei Jing Huan Ying Nin”, artinya Selamat Datang di Beijing, untuk menyampaikan sambutan Beijing dan kepada dunia.

Lima bocah Fuwa masing-masing menyampaikan satu salam, yaitu Kemakmuran, Kesenangan, Gairah, Kesehatan dan Keberuntungan.


Info : www.beijing2008.cn




GreyS



No comments: