Monday, September 1, 2008

Beijing 2008 : One World, One Dream

Saat menulis ini saya sudah resmi menjadi penduduk sementara Beijing, paling untuk 6 bulan sampai 1 tahun ke depan. Kebetulan asrama tempat saya tinggal saat ini, tidak jauh dari penginapan para atlet. Meskipun saat saya tiba di Beijing Olimpiade sudah selesai, namun Olimpiade Penyandang cacat baru akan segera diadakan. Olimpiade Beijing sendiri diadakan pada tanggal 8-24 Agustus 2008. Disusul dengan Olimpiade Penyandang Cacat pada tanggal 6-17 September 2008.

Olimpiade Beijing terdiri atas 302 pertandingan dari 38 sub cabang dan 28 cabang utama, 18 hari pertandingan dan 623 unit pertandingan. Dari tanggal 24 Maret hingga tanggal 6 Agustus 2008, pengarakan obor Olimpiade Beijing diadakan di 5 Benua dunia dan China secara luas. Akitivitas ini menjadi pengarakan obor yang paling panjang rutenya, paling jauh jangkauannya, dan paling banyak pengikutnya dalam sejarah olimpiade modern.

Olimpiade ke-29 direncanakan menggunakan 37 stadion pertandingan dan 63 stadion latihan. Di antara 37 stadion pertandingan itu, 31 berlokasi di Beijing, yang lain berlokasi di Hong Kong, Shanghai, Qingdao, Tianjin, Qinhuangdao, dan Shenyang. Tiket pertandingan di jual dengan harga terendah 30 RMB dan harga tertinggi 1,000 RMB.

Di dorong oleh kegiatan persiapan Olimpiade, social ekonomi Beijing sedang berkembang secara konsisten, cepat, harmonis, dan sehat. Taraf kehidupan rakyat semakin bertumbuh, sejumlah besar infrastructure lalu lintas berturut-turut dibangun, kualitas lingkungan membaik secara menonjol, meskipun masih banyak penduduk yang belum bisa mengubah kebiasaan buruk mereka dalam hal kebersihan toilet dan sopan santun.

Pertukaran kebudayaan bertambah banyak dan kehidupan rohani rakyat lebih bervariasi. Kegiatan “Menyongsong Olimpiade, Menjadi sopan santun dan Membangun kehidupan baru” diadakan secara luas sehingga semakin terbentuknya suasana masyarakat dan lingkungan budaya yang lebih harmonis dan sehat.

Info : www.beijing2008.cn


GreyS

No comments: